Senin, 23 Desember 2013

Berbagai Info Untuk Menambah Wawasan

Haloo para pembaca Abiel Share!!!! Kali ini saya akan memberikan beberapa info seputar manfaat beberapa makanan dan minuman untuk kepintaran yang sudah saya kutip dari beberapa blog



Posted by Muhsin Labib

Tanpa bermaksud untuk mendramatisasi tentang orang Israel dan atau orang Yahudi, saya ingin berbagi informasi yang saya peroleh dari membaca terjemahan H. Maaruf Bin Hj Abdul Kadir (guru besar berkebangsaan  Malaysia) dari Universitas Massachuset USA tentang penelitian yang dilakukan oleh DR.Stephen Carr Leon. Penelitian DR Leon ini adalah tentang pengembangan kualitas hidup orang Israel atau orang Yahudi.

Mengapa Orang Yahudi, rata-rata pintar ? Studi yang dilakukan mendapatkan fakta-fakta sebagai berikut :
Ternyata, bila seorang Yahudi Hamil, maka sang ibu segera saja meningkatkan aktivitasnya membaca, menyanyi dan bermain piano serta mendengarkan musik klasik.   Tidak itu saja, mereka juga segera memulai untuk mempelajari matematika lebih intensif dan juga membeli lebih banyak lagi buku tentang matematika, mempelajarinya, dan bila ada yang tidak diketahui dengan baik, mereka tidak segan-segan untuk datang ke orang lain yang tahu matematika untuk mempelajarinya. Semua itu dilakukannya untuk anaknya yang masih didalam kandungan.
Setelah anak  lahir, bagi sang ibu yang menyususi bayi nya itu, mereka memilih lebih banyak makan kacang, korma dan susu. Siang hari, makan roti dengan ikan yang tanpa kepala serta salad. Daging ikan dianggap bagus untuk otak dan kepala ikan harus dihindari karena mengandung zat kimia yang tidak baik untuk pertumbuhan otak si anak. Disamping itu sang ibu diharuskan banyak makan minyak ikan (code oil lever).
Menu diatur sedemikian rupa sehingga didominasi oleh ikan. Bila ada daging, mereka tidak akan makan daging bersama-sama dengan ikan, karena mereka percaya dengan makan ikan dengan daging hasilnya tidak bagus untuk pertumbuhan. Makan ikan seyogyanya hanya makan ikan saja, bila makan daging, hanya makan daging saja, tidak dicampur. Makan pun, mereka mendahulukan makan buah-buahan baru makan roti atau nasi. Makan nasi dulu baru kemudian makan buah, dipercaya akan hanya membuat ngantuk dan malas berkerja.
Yang istimewa lagi adalah : Di Isarel, merokok itu tabu! Mereka memiliki hasil penelitian dari ahli peneliti tentang Genetika dan DNA yang meyakinkan bahwa nekotin akan merusak sel utama yang ada di otak manusia yang dampaknya tidak hanya kepada si perokok akan tetapi juga akan mempengaruhi “gen” atau keturunannya. Pengaruh yang utama adalah dapat membuat orang dan keturunannya menjadi “bodoh” atau “dungu”.   Walaupun, kalau kita perhatikan, maka penghasil rokok terbesar di dunia ini adalah orang Yahudi! Tetapi yang merokok, bukan orang Yahudi.
Anak-anak, selalu diprioritaskan untuk makan buah dulu baru makan nasi atau roti dan juga tidak boleh lupa untuk minum pil minyak ikan. Mereka juga harus pandai bahasa, minimum 3 bahasa harus dikuasai nya yaitu Hebrew, Arab dan bahasa Inggris. Anak-anak juga diwajibkan dan dilatih piano dan biola. Dua instrument ini dipercaya dapat sangat efektif meningkatkan IQ mereka. Irama musik terutama musik klasik dapat menstimulasi sel otak. Sebagian besar dari musikus genius dunia adalah orang Yahudi.
Satu dari 6 anak Yahudi, diajarkan matematik dengan konsep yang berkait langsung dengan bisnis dan perdagangan. Ternyata salah satu syarat untuk lulus dari Perguruan Tinggi bagi yang Majoring nya Bisnis, adalah, dalam tahun terakhir, dalam satu kelompok mahasiswa (terdiri dari 10 orang), harus menjalankan perusahaan. Mereka hanya dapat lulus setelah perusahaannya mendapat untung 1 juta US Dollar. Itulah sebabnya, maka lebih dari 50 % perdagangan di dunia dikuasai oleh orang Yahudi. Design “Levis” terakhir diciptakan oleh satu Universitas di Israel, fakultas “business and fashion“.
Olah raga untuk anak-anak, diutamakan adalah Menembak, Memanah dan Lari.   Menembak dan Memanah, akan membentuk otak cemerlang yang mudah untuk “fokus” dalam berpikir!
Di New York, ada pusat Yahudi yang mengembangkan berbagai kiat berbisnis kelas dunia. Disini terdapat banyak sekali kegiatan yang mendalami segi-segi bisnis sampai kepada aspek-aspek yang mempengaruhinya. Dalam arti mempelajari aspek bisnis yang berkaitan juga dengan budaya bangsa pangsa pasar mereka. Pendalaman yang bergiat nyaris seperti laboratorium, “research and development” khusus perdagangan dan bisnis ini dibiayai oleh para konglomerat Yahudi. Tidak mengherankan bila kemudian kita melihat keberhasilan orang Yahudi seperti terlihat pada : Starbuck, Dell Computer, Cocacola, DKNY, Oracle. pusat film Hollywood, Levis dan Dunkin Donat.
Khusus tentang rokok, negara yang mengikuti jejak Israel adalah Singapura. Di Singapura para perokok diberlakukan sebagai warga negara kelas dua. Semua yang berhubungan dengan perokok akan dipersulit oleh pemerintahnya. Harga rokok 1 pak di Singapura adalah 7 US Dollar, bandingkan dengan di Indonesia yang hanya berharga  70 sen US Dollar. Pemerintah Singapura menganut apa yang telah dilakukan oleh peneliti Israel, bahwa nekotin hanya akan menghasilkan generasi yang “Bodoh” dan “Dungu”.
Percaya atau tidak, tentunya terserah kita semua. Namun kenyataan yang ada terlihat bahwa memang banyak sekali orang Yahudi yang pintar! Tinggal, pertanyaannya adalah, apakah kepintarannya itu banyak manfaatnya bagi peningkatan kualitas hidup umat manusia secara keseluruhan.
(Chappy hakim/admhttp://www.dakiunta.com)
Sumber : http://www.muhsinlabib.com/news/mengapa-orang-yahudi-pintar 
diakses tanggal 13 Desember 2013, pukul 08.30



7 Makanan Yang Baik Untuk Kecerdasan Otak

7 Makanan Yang Baik Untuk Kecerdasan OtakSahabat sekalian makanan adalah hal terpenting dalam hidup. Jadi jangan sampai salah memilih asupan makanan, karena akan berdampak buruk nantinya bagi kesehatan sehabat sekalian. Asupan yang baik akan membuat kesehatan sehabat sekalian akan semakin meningkat dan juga dapat memberikan dampak positif dalam kehidupan kalian. Layaknya pepatah hidup sehat itu penting. Maka dari itu kita harus pintar memilih makanan yang akan sahabat masukan dalam tubuh. Disini ada beberapa makanan yang baik untuk tubuh.
Ikan
Ikan  
Ikan yang dari dulu sebagai salah satu bahan masakan keluarga, yang juga memiliki varian atau jenis yang berbeda-beda menjadikan ikan jadi salah satu menu vaforit keluarga. Tahukah sahabat sekalian bahwa kandungan yang terdapat pada ikan sangatlah banyak terutama untuk menambah fungsi organ yang paling terpenting dalam tubuh manusia yaitu otak. Kandungan yang terdapat adalah Omega-3 yang dapat mencerdaskan fungsi otak Sahabat sekalian. Dan ikan yang terkenal dengan kandungan omega-3nya adalah ikan salmon.
Coffee
kopi
Nah, kalau makanan yang satu ini termasuk dalam jenis minuman, tapi kadang kadang bisa di campur kedalam sebuah makanan seperti kue, dan lain-lain. Ketika banyak yang meragukan bahwa coffee dapat membatu mencerdaskan otak sangat di raguakan tapi dengan adanya penelitian yang dilakukan di Amerika serikat belakangan ini menunjukan bahwa coffe memiliki khasiat khusus yang mampu memberikan dampak positive pada otak dengan meningkatnya tingkat kecerdasan kognitif pada seseorang.






Bayam
bayam
Sahabat sekalian makanan yan berwarna hijau satu ini yang memiliki banyak manfaat dan khasiat. Merupakan salah satu makanan yang paling banyak di konsumsi dan dinikmati serta dijumpai di Negara kita, yaitu Bayam yang memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E yang baik di konsumsi serta meningkatkan kerja kognitif pada anak.











Kacang Kenari
kacang kenari
Wah, sahabat kacang kenari juga nggak kalah berkhasiatnya dengan makanan yang sudah disebutkan diatas lho, makananan buah kenari ini juga sudah terkenal  dimana-mana, karena kacang yang anda konsumsi ini biasanya menjad salah satu bahan dasar yang di buat untuk campuran coklat. Dan kandungan yang terdapat didalam buah kenari ini adalah tingginya anti oksidan  dan mencegah kerusakan otak dan memberikan daya ingat yang kuat pada otak.




Wortel
wortel
Makanan yang berbentuk layaknya seperti akar-akaran yang berwarna kuning ini memiliki khasiat yang paling hebat. Kenapa? Karena dalam makanan ini banyak mengandung zat-zat yang sangat di butuhkan oleh otak seperti  zat luteolin yang dapat memberikan daya ingat yang cepat pada otak seperti  meningkatnya kecerdasan pada otak.




Berry
berry
Jenis makanan ini termasuk kedalam buah-buahan karena berry memiliki banyak varian dan juga macam-macam rasa.  Tidak hanya bentunya saja yang menarik tetapi kandungan didalamnya juga sangatlah berkhasiat. Contohnya dapat memberikan nutrisi pada otak dan meningkatkan kekuatan mengingat pada otak.



 Pisang
pisangSahabat makanan satu ini juga berkhasiat loe buat otak sahabat karena kandungan yang terdapat dalam pisang seperti kalium dapat meningkatkan kecerdasan pada otak.
Itulah yang bisa kami berikan tentang makanan yang bisa mencerdaska otak anda. Jangan lupa, selain memberikan nutrisi. Otak pun juga harus selalu diasah dengan selalu dipakai untuk berfikir. Dengan begitu, andapun bisa memiliki kecerdasan yang tinggi.



Sumber : http://www.begituunik.com/7-makanan-yang-baik-untuk-kecerdasan-otak/ diakses tanggal 13 desember 2013, pukul 08.47


7 Rahasia Manfaat Air Putih

7 Rahasia Manfaat Air Putih

Posted by: wiwin in BUHealth October 21, 2013 0 399 Views

Air adalah unsur utama yang paling penting dalam kehidupan umat manusia, karena tanpa air manusia akan musnah. Dalam penjelasan tersebut air memang benar -benar sangat diperlukan. Air juga menjadi sangat begitu penting ketika study sekarang-sekarang ini menemukan banyak sekali khasiat atau manfaat bila sahabat minum atau mengkonsumsi air.  Dan, air putih menjadi salah satu bagian dari hidup Sahabat. Contohnya Sahabat bekerja biasanya tidak lupa untuk membawa sebotol air mineral berkemasan gelas untuk diminum begitu pula saat memasak, untuk campuran sahabat memasak. Coba sahabat tengok beberapa manfaat air terutama bagi tubuh manusia.
  • Kecantikan
Baru-baru ini study mengatakan manfaat air yang paling utama  adalah kecantikan, ini menjadi salah satu pertimbangan yang sangat kuat bagi para wanita-wanita atau kaum bahwa mereka yang sangat ingin sekali tampil menawan dan sehat. Karena kandungan yang terdapat pada air yang sahabat konsumsi akan membuat kulit sahabat menjadi halus dan lembut serta memberikan sensasi berbeda dalam tubuh yang akan erpancar dari kulit yang bercahaya.
  • Anti oksidan
Manfaat air yang lain juga dapat sahabat temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin banyak sahabat mengkonsumsi air berarti sahabat juga telah menjaga kesehatan Sahabat, karena air yang sahabat konsumsi memberikan manfaat untuk membuang racun pada tubuh sahabat.
  • Kesehatan tulang  
Mengkonsumsi air putih juga dapat memberikan daya kuat pada tulang sahabat karena , air putih memberikan manfaat untuk kesehatan tulang seperti kesehatan tulang yakni air putih dapat membantuk membentukan sel-sel baru pada tulang.
  • Diet
Air putih juga baik untuk kesehatan terutama ini di peruntukan bagi kaum hawa, kenapa begitu karena study yang dilakukan sekarag-sekarang ini menunjukkan bahwa air putih yang banyak di konsumsi akan memberikan dampak kurangnya nafsu makan. Oleh karenannya ini baik untuk program diet yang sahabat lakukan.
  • Meningkatkan Energi
Air putih juga dapat mengembalikan energy yang telah sahabat keluarkan seharian, contohnya ketika sahabat benar-benar sangat full of activitas air menjadi salah satu solusi untuk membatu memulihkan energy yang kalian keuarkan seharian.
  • Memperlancar Pencernaan
Karena air juga biasanya dikatakan sebagai pelumas dalam tubuh jadi air juga dapat membuat kerja organ pencernaan semakin lancar, karena air putih akan membatu kerja organ pencernaan yang akan membuat jalannya sari-sari makanan semakin lancar dalam tubuh sahabat.
  • Mencegah penyakit
Untuk menjaga kesehatan sahabat harus mengkonsumsi air putih yang banyak karena air putih juga dapat mencegah penyakit, contohnya penyakit pencernaan yang biasa diakatan Sembelit penyakit biasa tapi bila sudah parah penyakit ini akan sangat terasa sakit maka dari itu penyakit ini harus segera dicegah dengan memperbanyak konsumsi air putih.





Sumber :http://www.begituunik.com/7-rahasia-manfaat-air-putih/ diakses tanggal 13 Desember 2013, pukul 08.51
 


Makan Ikan Saat Hamil, Bayi Lebih Cerdas

Dyah Oktabriawatie - detikFood
thumbnailFoto: timesofindia.indiatimes.com
Ikan yang mengandung omega-3 sangat baik untuk pertumbuhan otak. Selain daging, kulit dan minyak pada ikan bisa dimanfaatkan. Sebuah penelitian terakhir menunjukkan makan ikan saat hamil bisa meningkatkan kecerdasan otak janin.

Penelitian yang dilakukan dalam rangka proyek Nutrimenthe di University of Granada yang dipimpin oleh profesor Cristina Campoy Folgoso, menyatakan bahwa ibu hamil yang sering makan ikan bayinya akan cerdas. Selain itu bagi ibu hamil yang makan minyak ikan akan mendapat komponen utama pembentuk membran sel otak. Karena minyak ikan juga mengandung asam lemak Omega-3 dan DHA.

Docosahexaenoic (DHA) diketahui dapat berdampak baik untuk perkembangan otak dan mata pada janin atau bayi yang diberikan ASI. Penelitian ini difokuskan untuk menambah asupan ikan pada ibu hamil agar cukup mendapatkan asam lemak Omega-3 dan Omega-6.

Dalam pengujiannya, para peneliti mengumpulkan sampel darah dari 2000 wanita dengan usia kehamilan 20 minggu dan tali pusar bayi saat lahir. Kemudian dilakukan analisis konsentrasi rantai panjang asam lemak dari Omega-3 dan Omega-6.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai efek dari asupan ikan pada ibu hamil terhadap perkembangan otak janin. Karena ikan mengandung asam lemak Omega-3 dan Omega-6. Hal itu dilakukan untuk menentukan genotipe yang mempengaruhi rantai panjang asam lemak pada janin.

Dr Pauline Emmett dari University of Bristol, bersama Dr Eva Lattka dari Helmholtz Zentrum Munchen, German Research Center for Environmental Health dan tim penelitian lainnya, telah menentukan bagaimana pengaruh konsumsi ikan terhadap konsentrasi asam lemak pada wanita selama kehamilan.

Menurut para peneliti, konsentrasi asam lemak pada tali pusat bayi tergantung pada genotipe sang ibu atau keturunannya. Dengan demikian, genotipe ibu sangat berkaitan dengan komposisi Omega-6 yang didapatkan sang bayi. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa, DHA yang berasal dari Omega-3 yang didapatkan sang bayi tergantung dari keturunan dan genotipe sang ibu.

Namun, pada penelitian sebelumnya, tim peneliti dapat membuktikan bahwa makan ikan selama kehamilan dikaitkan dengan IQ pada anak usia 8 tahun. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa konsumsi ikan berperan penting dan membantu kecerdasan otak.(Odi/Odi)


Keunikan Penyebab Kecerdasan Otak (IQ) Orang Yahudi faktor genetika(#debo)

27 Oktober 2011 pukul 23:58
Dalam buku The Bell Curve, yang ditulis oleh Charles Murray dan Richard Hermstein, mengatakan bahwa terdapat perbedaan IQ antara ras yang bersifat genetik (permanen) sehingga kesejahteraan manusia bisa ditingkatkan dengan meningkatkan kecerdasan generasi berikutnya dengan cara tidak mengawini/memilih perempuan yang'salah' (dengan IQ rendah) untuk menghasilkan keturunan.Maka daripada itu kaum yahudi sangat berhati hati memilih siapa yang akan menjadi pasangannya. Karena dianggap membahayakan keberlangsungan eksistensi keyahudian, perkawinan campuran dilarang. Karena kecerdasan mereka akan luntur jika terjadi perkawinan campuran. Maka pernikahan dengan bangsa non-Israel dilarang. (Lihat: Ulangan 7:1-11; Keluaran 34:12-16; Maleakhi 2:10-15; Ezra 2:59-62; Nehemia 7:61-64: 13:23-29).
Suatu studi oleh Mikhael Seldin, seorang pakar genetika dari Sekolah Kedokteran Davis, Universitas California, menemukan dengan jelas bahwa Yahudi Ashkenazi merupakan subgrup genetik homogen yang relatif. Yang menarik, dengan mengabaikan tempat dari asal-muasalnya, Yahudi Ashkenazi dapat dikelompokkan di dalam kelompok genetik yang sama - dengan mengabaikan apakah seorang nenek moyang Yahudi Ashkenazi datang dari Polandia, Rusia, Hungaria, Lituania, atau tempat lain di manapun dengan suatu populasi historis Yahudi, mereka termasuk ke dalam kelompok etnik yang sama.
 Dari perkiraan 88 juta orang Yahudi yang tinggal di Eropa pada awal Perang Dunia II, mayoritas terdiri dari Yahudi Ashkenazi, sekitar 6 juta - atau lebih dari dua pertiga - yang secara sistematis dibunuh di dalam Holocaust. Ini termasuk 3 juta dari 3,3 juta Yahudi di Polandia (91%), 900.000 dari 11 juta Yahudi di Ukraine (82%) dan 50-90% dari Bangsa Yahudi di negara-negara Slavic lainnya, Jerman, Prancis, Hungaria, dan negara-negara Baltic.
Wajar jika kaum ini sering disebut sebagai kelompok masyarakat genius,karena mereka pandai dalam memperthankan harga diri mereka. Lantas,apa yang menyebabkan masyarakat Yahudi begitu cerdas? Ada anggapan yang mengatakan bahwa kecerdasan Yahudi sudah dilatih sebelum mereka lahir.Para ibu bangsa Yahudi yang sedang hamil memiliki pemahaman bahwa anak yang dikandungnya harus sudah diberi pelajaran meski hanya lewat pendengaran.
Karena itu, tidak jarang kaum ibu bangsa Yahudi yang sedang hamil sering mendengarkan musik klasik. Alasannya, musik klasik bisa memengaruhi perkembangan otak si bayi. Sang ibu bangsa Yahudi yang sedang mengandung akan lebih sering bernyanyi dan bermain piano. Selain itu,si ibu dan suaminya juga akan banyak membeli buku matematika dan mereka menyelesaikan soal secara bersama. Si ibu akan terus mengerjakan soal-soal matematika hingga sampai waktu melahirkan.
Di samping itu, si ibu suka memakan kacang badam dan kurma bersama susu.Tengah hari makanan utamanya roti dan ikan tanpa kepala bersama salad yang dicampur dengan kacang badam dan berbagai jenis kacang-kacangan. Dalam pandangan bangsa Yahudi, daging ikan sangat baik untuk perkembangan otak. Sementara kepala ikan mengandung bahan kimia yang tidak baik yang dapat merusak perkembangan dan pertumbuhan otak anak di dalam kandungan.
Karena itu, ada semacam 'ritual' dalam bangsa Yahudi bahwa ada kewajiban bagi ibu hamil untuk mengonsumsi pil minyak ikan. Memang makanan sangat dipercaya dapat mempengaruhi perkembangan genetic seseorang, Hubungan antara konsumsi makanan dan beragamnnya respons pada berbagai individu dengan latar belakang genetik yang berbeda sudah lama diketahui, misalnya pada kasus galaktosemia dan phenylketonuria (PKU). Galaktosemia, pertama kali ditemukan tahun 1917 oleh F Goppart, adalah varian genetik di mana individu sejak lahir tidak memiliki kemampuan memetabolisme galaktosa (tidak memiliki aktivitas enzim galaktosa-1-phosphat uridyltranferase).
Sebagai akibatnya pada individu ini jika mengonsumi makanan yang mengandung galaktosa akan terjadi akumulasi galaktosa dalam darahnya yang berimplikasi munculya berbagai gangguan kesehatan, termasuk gangguan pertumbuhan mental. PKU, ditemukan tahun 1934 oleh Asbjorn Folling, adalah varian genetik pada individu yang menyebabkan tidak adanya aktivitas enzim phenilalanin hidroksilase.
Sebagai akibatnya pada individu ini jika mengonsumsi makanan yang mengandung phenilalanin akan terjadi akumulasi phenilalanin dalam darahnya yang bisa berakibat terjadinya kerusakan neurologis. Namun, adanya kedua varian tersebut sudah bisa diketahui sejak dini setelah lahir dan ditangani dengan mengelola makanannya agar rendah galaktosa atau rendah phenilalanin.Namun, ada juga sebuah penelitian menunjukkan fakta lain.Kepintaran bangsa Yahudi lebih disebabkan penyakit genetika yang disebut ashkenazi. Salah satu penyakit turunan yang berhubungan dengan otak ini justru membuat mereka memiliki skor intelligent quotient (IQ) tertinggi di dunia. Ashkenazi selain membuat cerdas juga sangat mematikan.
Setidaknya itulah yang diungkapkan dalam makalah Prefesor Gregory Cochran dan Henry Harpending yang diterbitkan pada 2005. Cochran selalu penasaran mengapa bangsa Yahudi sangat pintar. Dia menyangsikan teori seleksi alam yang menyebabkan bangsa Yahudi menjadi pintar. Cochran menelusuri sejumlah jurnal ilmiah dan dia mengungkapkan teori baru kepada Harpending, profesor kehormatan di Universitas Utah,AS, yang sebelumnya sudah melakukan penelitian.
Harpending juga anggota National Academy of Sciences. Cochran menilai gen yang rusaklah penyebab orang Yahudi menjadi lebih pintar.Kesimpulan Cochran ini membuka perdebatan baru menyangkut hubungan antara DNA dengan IQ.Lalu,Cochran (psikolog) dan Harpending (peneliti pendidikan) menyebut ashkenaziyang menyebabkan naiknya kekuatan otak. Dari hasil penelitian yang dipublikasikan pada awal 2009 oleh Departemen Antropologi Universitas Utah, AS, itu diungkapkan adanya kontroversi tentang evolusi manusia.
Kedua ilmuwan itu mendapati rata-rata IQ orang Yahudi adalah 107,5 hingga 115.Angka itu di atas rata-rata orang Eropa yang hanya mencapai 100. Setidaknya, meski berbeda 7 nilai,sudah cukup untuk membedakan tingkat kegeniusan. Karena penyakit genetika itulah, di kalangan bangsa Yahudi ada kelompok yang disebut Yahudi Ashkenazi. Ini merupakan salah satu kelompok etnik cerdas di dunia.
Menurut penelitian mereka, terdapat data yang menyebutkan IQ yang luar biasa tinggi terdapat pada Yahudi Ashkenazi (Yahudi keturunan Eropa). Rata-rata IQ orang Eropa adalah100, sementara Yahudi keturunan Eropa rata-rata menghasilkan skor IQ berkisar 107,5-115. Hal ini memungkinkan Yahudi Ashkenazi mempunyai kemungkinan enam kali lipat untuk menjadi seorang genius daripada orang Eropa non-Yahudi.
Kedua ilmuwan itu menyatakan hasil inteligensia Yahudi Ashkenazi berasal dari tiga faktor. Pertama, akibat pengaruh tingkat historis perkawinan yang rendah. Kedua, disebabkan penganiayaan sosial dan politik abad pertengahan yang memaksa Yahudi Ashkenazi keluar dari pekerjaan umum ke pekerjaan berbasis kecerdasan sehingga menghasilkan tingkat lebih tinggi untuk orang Yahudi.
Ketiga, akibat kecenderungan menderita penyakit yang memengaruhi pengolahan sphingolipids, molekul lemak yang mengirimkan sinyal saraf. Yahudi Ashkenazi secara tidak proporsional terkena beberapa gangguan mematikan, termasuk tay-sachs, sebuah penyakit yang melemahkan dan menimbulkan gangguan neurologis fatal dengan harapan hidup 4 tahun. Selain itu, ada penyakit otak canavan dengan harapan hidup 5 tahun dan penyakit gaucher di mana lemak menumpuk di limpa, hati, sumsum tulang, paru-paru, dan bahkan otak.
Ada juga penyakit niemann-pick tipe Adi mana bayi mengakumulasi jaringan lemak fatal dalam berbagai organ.Hal ini akan menyebabkan kerusakan otak yang mendalam dan kematian sebelum umur 2 tahun. Namun, kedua ilmuwan itu yakin bahwa berbagai penyakit mematikan yang diidap bangsa Yahudi justru memiliki keuntungan heterozigot(suatu mekanisme yang mempertahankan keragaman kumpulan gen eukariotis dengan cara memberikan keberhasilan reproduksi).
Artinya, keuntungan ini memiliki dua salinan dari mutasi gen. Di di satu sisi menyebabkan masalah kesehatan yang serius, tetapi di sisi lain memiliki satu salinan yang menyebabkan efek kesehatan positif. Meski banyak 'penyakit turunan' yang fatal yang dialami bangsa Yahudi, mereka terus mewariskan inteligensia yang tinggi.
Cochran memberikan penegasan bahwa kecerdasan Yahudi Ashkenazi akan terus menjadi kontroversi karena ketidaknyamanan masyarakat dengan label satu kelompok etnik lebih cerdas daripada yang lain.Padahal, masyarakat bisa menerima bahwa beberapa kelompok akan lebih tinggi, pendek,atau lebih cepat. Hasil penelitian Cochran dan Harpending yang berjudul 'Natural History of Ashkenazi Intelligence' juga menyebutkan, populasi orang Yahudi di AS hanya sekitar 3% dari total jumlah masyarakat AS.
Kendati begitu, mereka berhasil meraih 27 persen dari hadiah Nobel di bidang ilmu pengetahuan sejak 1950. Hal yang sama juga terjadi pada penghargaan ACM Turing Awards di mana bangsa Yahudi berhasil meraih 25 persen penghargaan yang diberikan Association for Computing Machinery karena kontribusi yang bersifat teknis pada dunia ilmu komputer.
Selain itu, tidak sedikit bangsa Yahudi yang menyandang gelar sebagai juara dunia catur. Sejumlah nama dari bangsa Yahudi yang telah meraih Nobel di antaranya Bernard Katz karena teori transmisi neuromuskuler, Andrew Schally yang meraih Nobel dalam endokrinologi. Ada juga George Wald  dan Stanley Cohen (Nobel dalam embriologi).



9 Alasan Mesti Makan Ikan

Penulis : Bramirus Mikail | Jumat, 29 Juli 2011 | 16:54 WIB
KOMPAS.com — Ikan, termasuk "seafood" lainnya, merupakan jenis makanan sehat yang rendah lemak jenuh, tinggi protein, dan merupakan sumber penting asam lemak omega 3.
Ikan baik untuk tambahan diet karena kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat. Orang yang sering makan ikan cenderung mengonsumsi lebih sedikit daging dan keju.
Beberapa cara sehat untuk memasukkan ikan dalam program diet Anda di antaranya bisa dengan cara dipanggang, rebus, dan dikukus. Ikan sangat direkomendasikan oleh banyak pakar kesehatan sebagai makanan dengan manfaat kesehatan yang kompleks.
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi ikan.

1. Kesehatan kardiovaskular
Asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam ikan telah terbukti manfaatnya bagi jantung, arteri, dan vena yang membentuk sistem kardiovaskular Anda. Konsumsi ikan dapat membantu mencegah penyakit jantung dan gagal jantung dengan mencegah akumulasi trigliserida, mengurangi tingkat trigliserida berlebih, meningkatkan HDL (kolesterol baik), dan mencegah pembekuan darah. Studi para ahli dari Harvard School of Public Health menyimpulkan, makan sampai dua porsi ikan dalam seminggu dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung tiga kali lipat.

2. Menurunkan tekanan darah
Minyak ikan sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah, tetapi peran mereka dalam pencegahan belum jelas. Namun, mengasup banyak  minyak ikan tidak dianjurkan.

3. Menurunkan berat badan 
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Georgia, minyak ikan dengan DHA membantu menghentikan konversi pra-sel lemak ke dalam sel lemak sehingga mengurangi penumpukan lemak secara keseluruhan. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan, konsumsi kapsul minyak ikan diikuti dengan berolahraga efektif menurunkan lebih banyak lemak daripada olahraga tetapi tanpa asupan suplemen minyak ikan.

4. Menekan risiko kanker 
Omega 3 dalam ikan telah terbukti membantu mencegah tiga jenis kanker yang paling umum, yakni kanker payudara, kolon, dan prostat. Suplemen minyak ikan juga dapat membantu pasien yang menderita hiperlipidemia.

5. Meningkatkan fungsi otak 
Asam lemak omega-3 pada ikan dapat membantu perkembangan otak Anda. Asupan omega-3 yang tepat dapat membantu meningkatkan fokus mental pada anak-anak dan orang dewasa. Sebuah studi baru menunjukkan, suplemen minyak ikan dapat meningkatkan memori pada orang dewasa. Para peneliti juga menemukan manfaat asam lemak omega-3 pada ikan dalam meningkatkan perkembangan otak bayi dan anak-anak.

6. Melawan peradangan 
Ikan, terutama minyak ikan, memiliki sifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, ikan efektif dalam mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan. Asam lemak omega-3, khususnya EPA, banyak ditemukan dalam minyak ikan dan memiliki efek yang sangat positif pada respons inflamasi sehingga sangat membantu dalam mengurangi radang sendi, prostatitis (radang prostat), dan sistitis (radang kandung kemih).

7. Menyehatkan mata 
Konsumsi ikan sangat baik karena mempunyai kemampuan dalam memperbaiki penglihatan. Ikan dapat melawan degenerasi makula (bagian tengah retina), glaukoma, dan sindrom mata kering. Sebuah studi baru menemukan bahwa orang yang makan setidaknya dua porsi ikan per minggu lebih kecil kemungkinan mengalami degenerasi makula terkait (penyebab utama kebutaan terkait usia) dibandingkan orang yang tidak makan ikan sama sekali. Para peneliti mengatakan, asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko inflamasi dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

8. Perawatan kulit 
Konsumsi ikan membantu menjaga kulit dalam kondisi baik. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Lipid Research, asam lemak omega-3 EPA yang ditemukan dalam minyak ikan dapat membantu mencegah keriput dan menunda proses penuaan kulit. Bahkan, menurut beberapa studi terbaru, suplemen minyak ikan dapat menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

9. Mengatasi depresi 
Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan baik untuk mengurangi depresi dan kecemasan. Studi telah menemukan bahwa masyarakat yang mengonsumsi banyak ikan memiliki tingkat depresi yang lebih rendah.
Sumber : http://health.kompas.com/read/2011/07/29/1654170/9.Alasan.Mesti.Makan.Ikan diakses tanggal 13 Desember 2013, pukul 11.47
 



Manfaat Ikan Untuk Kesehatan

Ditulis oleh Administrator   
Kamis, 01 Januari 1970 06:59
SETELAH mengetahui ikan mempunyai kandungan gizi sangat banyak, maka ikan perlu diperhitungkan sebagai sumber zat gizi yang penting. Pola kebiasaan makan ikan seperti pada masyarakat Eskimo dan Jepang memberi petunjuk kuat atas sangat rendahnya kejadian penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya pada masyarakat tersebut.

Penelitian pada kelompok masyarakat yang mengkonsumsi ikan secara kontinyu dan ikan menjadi pangan dominan seperti pada orang Eskimo menunjukkan, jenis lemak di dalam ikan (asam linoleat) setelah melalui proses metabolisme dalam tubuh manusia akan menghasilkan asam lemak yang kemudian dikenal dengan nama omega 3.
Omega 3 yang terdapat pada ikan mencegah penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya. Bahkan ada indikasi masyarakat yang gemar mengkonsumsi ikan memiliki umur harapan hidup rata-rata lebih panjang daripada masyarakat yang kurang mengkonsumsi ikan.

Secara sederhana dapat dijelaskan, karakteristiknya yang unik menyebabkan omega 3 mampu mencegah dan mengurangi penumpukan kolesterol dan melekatnya bintik-bintik darah pada dinding pembuluh darah yang merupakan sebab utama timbulnya serangan jantung dan stroke yang mematikan.

Omega 3 selain bisa menurunkan kadar kolesterol darah juga bisa mengatasi beban penderita penyakit asma, rematik, penyakit kulit, komplikasi diabetes dan kanker payudara.

Bahkan pertumbuhan sel otak manusia sangat tergantung pada kadar omega 3 secara cukup sejak bayi dalam kandungan sampai balita. Bila pada masa tersebut cukup tersedia omega 3 maka anak tersebut akan tumbuh dengan potensi kecerdasan maksimal. Karena alasan itu, sejak ibu hamil perlu mengkonsumsi ikan dalam jumlah cukup sampai bayi yang dikandungnya lahir.


Setelah bayi bisa makan nasi tim perkenalkan ikan sampai usia selanjutnya. Banyak penelitian tentang peranan minyak ikan dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Di dalam minyak ikan ada asam lemak tidak jenuh omega 3 terutama yang disebut eikosapentaenoat (EPA) dan dakosaheksaenoat (DHA).

Percobaan pada hewan maupun manusia membuktikan keduanya dapat menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan lipoprotein darah. Dengan demikian minyak ikan dapat menurunkan risiko terjadinya aterosklerosis. Asam-asam lemak tidak jenuh yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti minyak jagung, minyak kacang, minyak kedelai, dan sebagainya juga mempunyai pengaruh serupa.

Namun, minyak ikan mempunyai kelebihan dan keunikan terutama pada kasus kadar lemak darah tinggi yaitu bisa menurunkan lemak darah tersebut. Selain ikan bermanfaat untuk kesehatan jantung, ikan juga mengandung kalori rendah sehingga bagi orang-orang yang sedang mengikuti program diet penurunan berat badan mengkonsumsi ikan bermanfaat ganda asal diolah dengan sedikit lemak.

Selain manfaat ikan untuk kesehatan, perlu diketahui pula kandungan histamin pada jenis ikan seperti tongkol, kembung, cakalang, dan tuna secara alami yang bisa menyebabkan keracunan. Keracunan itu tidak hanya disebabkan oleh kelompok ikan yang secara alami sudah mengandung histamin tetapi juga bisa disebabkan oleh ikan lain yang kurang segar mutunya. Makin tinggi tingkat kerusakan ikan, makin banyak histamin yang terbentuk pada ikan. Konsumsi histamin dalam jumlah rendah (8-10 mg) tidak membahayakan.

Gejala keracunan akan timbul apabila mengkonsumsi 70 sampai 1000 mg histamin. Gejala keracunan yang tampak adalah muntah-muntah, bibir bengkak, sakit kepala, mual, muka kemerah-merahan, gatal-gatal, dan badan lemas. Meskipun histamin bisa membuat keracunan, namun belum ada kejadian keracunan bisa mematikan. Karena itu perlu upaya makan ikan yang kesegarannya terjamin.

Jangan disamakan alergi terhadap ikan dengan keracunan oleh ikan karena munculnya gejala yang sama. Keracunan bisa dihindari tetapi alergi tidak bisa dihindari. Karena itu biasanya orang yang alergi ikan setelah makan ikan menelan pil antihistamin supaya tidak ada reaksi alergi. Untuk menghindari keracunan ikan, belilah ikan yang segar, segera buang isi perut sebelum diolah dan bila tidak segera dikonsumsi simpan di freezer.

Upaya ini juga untuk menghindari tumbuhnya bakteri pembusuk karena jumlah histamin ikan dipengaruhi jumlah bakteri pada ikan tersebut. Kita perlu terus mengkonsumsi ikan mengingat manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan tubuh.

Manfaat makan ikan antara lain menurunkan kadar kolesterol darah, menurunkan kadar trigliserida darah, meningkatkan kecerdasan anak dan meningkatkan kemampuan akademik, menurunkan risiko kematian karena penyakit jantung, mengurangi gejala rematik, dan menurunkan aktivitas pertumbuhan sel kanker

Nah, marilah kita manfaatkan ikan dalam menu sehari-hari dengan motto "tiada hari tanpa ikan" supaya keluarga sehat. (sumber: http://www.kompas.com/swara/index.htm




9 Alasan Hilangnya Konsentrasi


belajardalamtsKetika Anda dihadapkan pada tugas sekolah atau suatu pekerjaan yang memeras otak, terkadang Anda kesulitan untuk berkonsentrasi dan membuat pekerjaan Anda tidak optimal. Otak Anda akan mengalami kurangnya konsentrasi ketika Anda dihadapkan pada kondisi tubuh tertentu.







Berikut 9 alasan mengapa Anda sulit berkonsentrasi seperti dilansir dari prevention, Selasa (15/5/2012) antara lain:

1. Kadar hormon dan vitamin yang rendah
Pikiran yang kadang linglung dapat menandakan defisiensi vitamin atau hormon, terutama jika Anda sedang merasa kelelahan. Sebagai contoh, jika Anda kekurangan hormon tiroid, metabolisme tubuh akan melambat, aliran darah berkurang dan fungsi sel otak tidak dapat bekerja optimal. Kurangnya vitamin B-12 dalam tubuh juga memiliki gejala yang sama.
Anda dapat memeriksakan perihal defisiensi hormon dan vitamin ke dokter yang ditandai masalah kardiovaskular seperti hipertensi, kolesterol tinggi, sindrom metabolik atau pradiabetes. Jika masalah ini tidak ditangani, dapat menyebabkan penurunan kognitif.

2. Hormon Anda telah rusak
Wanita yang menjelang masa menopause (perimenopause) akan memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Kurangnya konsentrasi adalah keluhan umum dari wanita pada masa ini.
Kebanyakan wanita menggambarkannya sebagai perasaan kabur, kosa kata berkurang, dan tidak dapat berpikir jernih. Tanda-tanda lain yang menunjuk ke perimenopause adalah berkeringat di malam hari dan kekeringan vagina.

3. Anda menggunakan obat-obatan tertentu
Penggunaan obat anti depresan dapat mempengaruhi mood dan konsentrasi Anda. Antihistamin dan obat penenang dapat menyebabkan kantuk, sedangkan antidepresan dan obat-obatan lain yang sejenis dapat menggangu kerja otak. Orang yang menggunakan obat statin kadang-kadang akan kehilangan kejernihan mental.
Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat-obatan, lebih baik konsultasi terlebih dahulu ke dokter. Tanyakan apakah ada obat yang diketahui menyebabkan gangguan konsentrasi ketika dikonsumsi atau saat Anda berhenti mengonsumsinya.

4. Anda berhenti merokok
Anda akan mengalami kesulitan berkonsentrasi saat Anda berhenti merokok karena pengaruh nikotin yang telah membuat Anda kecanduan. Tapi hal ini akan berlalu dan kesehatan mental Anda akan segera membaik seiring berkurangnya pengaruh buruk nikotin pada tubuh.

5. Pola makan yang buruk
Kebiasaan makan yang buruk meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi dan penyakit terkait yang dapat merusak fungsi kognitif. Kelebihan berat badan atau obesitas membuat Anda lebih sulit untuk tetap aktif, padahal tubuh yang aktif penting untuk kesehatan otak. Makan ikan dan sayuran serta mengurangi makan daging dan makanan berlemak jenuh akan membuat otak Anda tajam kembali.

6. Anda terlalu sibuk
Anda mungkin sangat sibuk, sehingga aktivitas otak terlalu divorsir tanpa disertai aktivitas fisik yang dibutuhkan otak. Olahraga meningkatkan produksi zat yang dapat merangsang kerja otak dan memperlambat pembentukan plak yang menyebabkan penyakit Alzheimer. Mulailah berolahraga dan Anda akan merasakan otak lebih tajam dan lebih bisa fokus.

7. Anda memiliki kecemasan yang berlebihan
Ketika Anda terlalu mencemaskan sesuatu, Anda akan kesulitan berkonsentrasi melakukan pekerjaan Anda. Begitulah cara otak merespon ancaman nyata atau bayangan. Anda menjadi terlalu waspada terhadap lingkungan.
Lakukanlah sesuatu yang menyenangkan untuk membersihkan kepala Anda dari hal-hal yang membuat cemas. Berbagi cerita dengan teman dekat juga dapat mengurangi kekhawatiran yang berlebihan.

8. Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan setiap hari
Jika Anda memiliki daftar pekerjaan harian yang terlalu banyak dan membutuhkan daya ingat, bisa berarti Anda akan mengalami kelupaan dan gangguan kerja otak. Orang kadang tidak dapat mengikuti pikirannya karena terlalu banyak beban yang harus diingat di otaknya.

9. Menderita ADHD
Seseorang dapat menderita Attention Deficit terdiagnosis Hyperactivity Disorder (ADHD) ketika dewasa yang ditandai dengan gejala ketidaksabaran, pelupa dan mengalami kesulitan menyelesaikan tugas kantor. Ketika Anda memiliki masalah dengan konsentrasi, periksakan segera ke dokter untuk mengetahui kemungkinan Anda menderita ADHD.



Sumber : detik.com
Sumber : http://artoflivingid.wordpress.com/2013/05/29/9-alasan-hilangnya-konsentrasi/ diakses tanggal 13 Desember 2013, pukul 12.02
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan! Hargailah blog orang lain